Fitra Risaldi

SUPER SIMPLE, GLAMOUR, AND SPARKLING DUDE (still try to blend thats profile) #haveaniceday :-*

Dua Sisi dari Perkembangan Ilmu Pengetahuan

Leave a comment

index.j Perkembangan ilmu pengetahuan saat ini sudah sangat maju seiring dengan juga rasa keingintahuan manusia yang terus diperbarui yang terus menghadirkan produk-produk baru sebagai temuan yang membawa sebuah pengetahuan baru bagi umat manusia, banyak sekali inovasi atau penemuan-penemuan yang dilakukan manusia. Ilmu pengetahuan sendiri adalah usaha manusia untuk menyelidiki tentang suatu hal yang makna dan hakikat di dunia ini. Karena salah satu fungsi manusia adalah terus belajar dan mencari tahu segala kemungkinan yang dapat terjadi untuk meningkatkan kualitas hidup umat manusia karena ketika manusia berhenti untuk belajar maka telah berhentilah kehidupan nya. Manusia dengan pengetahuan yang rendah ibarat seekor rusa di kandang singa, karena nya manusia harus terus mencari tahu apa-apa yang telah ditetapkan pada mestinya. Bahwa manusia adalah seorang makhluk paling sempurna yang mampu mengembangkan apapun yang mereka inginkan karena manusia diberi akal oleh Tuhan yang harus disyukuri dengan terus menggunakan nya untuk hal-hal yang bermanfaat bagi kehidupan banyak orang. Perkembangan dalam ilmu pengetahuan dewasa ini sudah merambah ke berbagai cakupan mulai ilmu tentang bumi, angkasa dan masih banyak lagi segala sumber untuk memperkaya pengetahuan umat manusia. Jika dipandang dari ilmu filsafat, maka ilmu tersebut terbentuk dari pemikiran manusia tentang dirinya dan sekitarnya serta berusaha untuk berpikir sejauh mungkin. Keilmuan yang tidak mengenal batas ini memang memungkinkan manusia untuk melakukan banyak hal di bumi ini. Sayang nya kebebasan yang diberikan Tuhan bagi manusia untuk mengembangkan suatu pemikiran ini layak nya seperti dua sisi yang dapat menghasilkan dua hasil. Ilmu pengetahuan jika dikembangkan dengan semesti nya akan sangat berguna bagi kehidupan umat manusia secara menyeluruh tapi juga tidak sedikit manusia yang menyalah gunakan ilmu pengetahuan yang mereka miliki sebagai sebuah sarana bagi mereka untuk melakukan kecurangan yang justru dapat merugikan manusia lain atau lebih parahnya lagi dapat menimbulkan kemarahan Tuhan.

Bahkan ada sekelompok manusia yang menciptakan manusia lewat teknologi cloning, disini dengan pengetahuan yang mereka miliki mereka sudah berani bermain layaknya Tuhan. Tidak ada lagi etika atau tuntutan yang diikuti oleh orang-orang yang diberi karunia kecerdasan otak ini mereka tak sungkan mengorbankan banyak hal demi suatu produk ilmu pengetahuan, ini yang disebut sebagai penyalah gunaan ilmu pengetahuan. Hal ini membuktikan bahwa semakin luasnya ilmu pengetahuan yang mampu dikembangkan manusia maka semakin basar pula kesadaran akan dampak yang dapat ditimbulkan karena seperti halnya tadi yang telah disebutkan ilmu pengetahuan memiliki dua sisi yang sangat berbeda berdasarkan hasil, seorang Einstein saja mengatakn bahwa ilmu pengetahuan membutuhkan agama agar ada yang mengendalikan ny. Kalau tidak, maka ilmu pengetahuan ini dapat menjadi mesin pembunuh manusia yang sangat keji . Tapi ilmu pengetahuan juga memiliki kegunaan luar biasa bagi yang mampu mengendalikan nya yang dapat menggunakan ilmu pengetahuan ini sebagai sebuah sarana untuk membangun sebuah kehidupan yang lebih baik.

Ada tiga ilmu pengetahuan yang sekarang sedang gencar-gencar nya untuk dikembangkan di dunia ini yaitu ilmu alam, ilmu social dan ilmu terapan.pada ilmu alam perkembangan itu terlihat dari pemikiran manusia yang berusaha mengerti tentang alam semesta dan bahkan tentang dirinya sendiri, maka segala inovasi dilakukan manusia untuk mengungkap jagat raya dari bumi hingga supercluster di luar sana. perkembangan ilmu pengetahuan juga tidak berkembang pada bidang astronomi semata. Akan tetapi merambah pada bidang-bidang ilmu lainnya salah satu tujuan dari perkembangan ini tentu saja agar manusia mengerti tentang segalanya, dan mempermudah segala hal yang berhubungan dengan budaya manusia.

Belum lagi kemajuan tentang ilmu nuklir. Saat ini, nuklir sudak bukan sesuatu yang mustahil bagi Negara berkembang seperi Iran, India ,Pakistan maupun Israel.ini membuktikan kalauilmu pengetahuan sudah merambah segala aspek.

Tapi yang harus terus manusia sadari dari generasi ke generasi adalah ilmu pengetahuan hanyalah milik Tuhan dan sudah sepantasnya manusia berpengetahuan tanpa ada nya batasan,karena mencari ilmu adalah hak manusia. bahwa bagaimana manusia mampu mengendalikan keserakahan nya demi kepentingan masyarakat umum. Maka kitapun dituntut menyebarluaskan kepada manusia lainnya dengan tujuan meraih kesejahteraan bersama. Dan para pemikir yang dikaruniai pemikiran hebat itu juga harus memiliki kearifan, kebenaran, etika, dan estetika agar dapat terjadi kehidupan yang lebih baik secara menyeluruh dan memberikan kesejahteraan bagi manusia lain. Karena itulah tujuan utama Tuhan memberikan kita manusia akal dan pikiran.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.